Minggu, 29 Mei 2011

Tantangan Ruang Tidur Ideal Bagi Leader

by Putri Suryandari on Tuesday, May 12, 2009 at 2:58pm

By : Putri Suryandari

" Aku setiap hari tidur dikantor. Maklum pekerjaan aku membuat aku harus duduk hampir dua puluh jam di depan komputer. Jadi, setiap malam aku tidur di sini. Tapi tetap saja kacau.”

Seorang teman dengan jabatan General Manager Marketing, berkeluh kesah dengan kekacauan yang di hadapi belakangan ini, terutama pada kinerjanya di kantor.

”Di kantor, tidur dimana?” aku berkeliling menatap ruang kerjanya. Di situ terdapat dua meja kerja. Satu meja bertengger dua komputer, berisi grafik-grafik yang setiap detik bergerak, pekerjaannya bergerak di bidang pasar uang. Sedangkan meja lain digunakan sebagai meja tulis. Aku duduk di hadapannya, dibelakangku terdapat locker build in, bersebelahan langsung dengan sebuah jendela besar. Tak kudapati tempat yang nyaman untuk tidur.
”Bisa di lounge, di kursi, dimana aja!”
”Sudah lama kamu sering tidur dikantor?”
”Sejak bekerja disini, dua tahun yang lalu. Tapi Sabtu dan Minggu aku tidur dirumah, karena kantor tutup!”

Tidur di kantor. Kata ini sangat menggelitikku. Dari Senin sampai Jumat, demi sebuah pekerjaan. Sepertinya tidak masuk akal. Tapi ini terjadi.

Tidur yang baik di malam hari sangat penting untuk kesehatan. Kita menghabiskan waktu sekitar enam sampai sembilan jam selama 24 jam untuk tidur. Karena itu diperlukan tempat yang mampu membuat Anda tenang di penghujung hari yang sibuk dan bisa membuat anda tidur nyenyak. Kamar tidur juga harus merupakan tempat anda untuk bangun dengan segar, penuh vitalitas dan antusiasme dalam menyambut hari baru.

”Ruang Tidur yang comfortable, sound proof, light dimmer, menghadap ke jendela, bisa untuk relaksasi dan meditasi, itu yang ideal buat aku!” Kalimat yang sangat tepat, diucapkan oleh salah seorang teman leader, untuk menunjukan bagaimana seharusnya kamar tidur di ciptakan, bagi mereka yang sibuk. Kebanyakan orang berpikir bahwa tempat tidur hanyalah tempat untuk tidur dan melakukan hubungan intim. Padahal tempat tidur yang baik juga akan membangkitkan kembali energi anda, aspek yang berpengaruh pada kehidupan anda sehari-hari, dan akan sangat membentuk tujuan hidup anda. Kadang kala lokasi dan arah tempat tidur membuat kehidupan seseorang secara umum – tidak hanya tidur dan seks – menjadi sulit.Posisi yang terbaik untuk kamar tidur orang dewasa adalah barat laut, utara dan barat (dilihat dari tengah rumah anda). Energi elektromagnetik disini lebih matang dan bisa mengarahkan tanggung jawab yang lebih besar, rasa hormat pada orang lain, dan kemampuan lebih baik untuk mengatur hidup. Utara memiliki energi chi yang lebih damai dan tenang. Posisi ini terutama berguna bagi mereka yang sulit tidur. Orang muda jangan tidur dengan kepala menghadap Utara, karena akan membuat mereka terlalu tenang.

Namun unsur-unsur tata letak ruang tadi, tidak terlepas dari karakter personal yang anda miliki. Sebagai contoh, seorang teman leader dengan kepribadian yang cenderung Yin (tenang, lembut dan peka), dalam bekerja justru memiliki karakter yang cenderung Yang (bersemangat, percaya diri dan ambisius). Setelah memperhatikan posisi Ruang Tidurnya, ternyata berada di sebelah Timur rumah dan menghadap ke Timur. Energi elektromagnetik di wilayah ini, berkaitan dengan kemampuan menstimulasi ambisi, mewujudkan ide-ide jadi kenyataan dan merealisasi impian anda. Ada lambang Petir yang memanifestasikan kekuasaan besar, agresi dan desakan untuk keluar sehingga mampu mewujudkan impian. Pilihan yang purfect dalam menata Ruang tidur yang ideal untuk karir dan peningkatan karakter pribadinya.

Karena energi elektromagnetik dari Barat baik untuk bercinta dan kepuasan, lokasi ini ideal untuk kamar tidur utama. Posisi ini menunjang suasana rileks, tidur nyenyak, dan privasi yang tenang untuk memperkuat hubungan intim. Kalau kehidupan seks anda menjadi datar, pindahkan tempat tidur anda ke utara atau barat agar kegiatan seksual menjadi lebih memuaskan.

Selatan dan Timur Laut adalah lokasi yang tidak menguntungkan untuk Ruang Tidur. Sepasang suami istri, pernah mengeluhkan mengenai pekerjaannya. Istri selalu saja pindah kerja, karena tidak pernah nyaman dalam setiap tempat pekerjaan yang dia masuki. Sang suami memiliki perusahaan yang bagus dibidang jasa konstruksi, namun pernah beberapa kali tertipu oleh kliennya.

Posisi kamar mereka berada di Timur Laut menghadap Selatan. Istri berkarakter Yang (mudah senewen, senang bersaing, ambisius, dan bersemangat), sedangkan suami berkarakter Yang tapi cenderung Yin (Bersemangat, percaya diri, peka, dan lembut). Tatanan Kamar Tidur di Selatan rumah mereka, mengakibatkan efek yang terlalu panas dan berapi-api, terutama untuk sang Istri. Ruangan ini harus di dinginkan dengan warna-warna pucat dan warna tanah. Tekstur kesat dan empuk. Dekorasi dari Tanah liat, akan bisa membantu. Sedangkan posisi di Timur laut menimbulkan efek yang sering terlalu tidak terduga dan tajam, tidak baik untuk mereka berdua. Penggunaan warna-warna senada dengan warna di Selatan, bisa membantu mendinginkan, tidak disarankan warna merah dan kuning cerah. Perlu juga di tambahkan elemen atau energi logam, berbentuk melengkung, untuk meluweskan efek tajam yang sering tak terduga. Karena saat ini mereka sedang melakukan renovasi bagi rumah tinggal mereka, pilihan pemindahan posisi kamar bisa menjadi pertimbangan terbaik, terutama digeser peletakannya ke Utara atau Barat.

Meningkatkan romantisme di kamar tidur, juga merupakan satu upaya relaksasi. Kayu adalah bahan yang paling baik untuk tempat tidur. Penggunaan warna romantis seperti merah dan ungu yang cermat akan efektif. Seperti contohnya, coba tambahkan jambangan berisi bunga merah, atau hiasan dinding, dengan sentuhan ungu. Efek yang lebih dramatis, taruh sesuatu berwarna ungu diselatan ruangan dan yang berwarna merah di Barat. Lilin juga dapat meningkatkan energi api yang berkaitan dengan gairah. Jangan lupa mematikannya ketika Anda hendak tidur. Tempat tidur logam, seperti kuningan dan besi tempa, akan meningkatkan energi elektromagnetik, yang pada umumnya tidak mendukung tidur yang nyenyak.

Kepala mengarah ke Utara adalah posisi yang kurang menguntungkan bagi kaum muda, arah yang tenang ini bisa membantu mengatasi insomnia, tetepi juga bisa membuat hidup anda terlalu tenang. Beberapa ahli Fengshui mengaitkan dengan posisi kematian, karena posisi ini cocok untuk orang yang sudah tua.

Kalau mungkin, jangan menggunakan kamar tidur untuk kegiatan yang membutuhkan atmosfer berbeda, seperti kerja. Pada akhirnya, tidur dan kegiatan berbeda itu tidak akan berhasil.

”Ruang Tidur ideal, bukan di tempat di tempat kerja mas. Tidak saja kehidupan pribadimu yang akan kacau, seluruh tujuan hidupmu jadi tidak terbentuk. Semua cuman fokus di tempat kerja, kerja dan kerja.”

”Iyah, masalahnya adalah seluruh keluargaku tinggal di luar kota. Aku pulang ke rumah tidak ada orang, sehingga mending aku tidur di kantor, banyak temennya.”

Aku hanya tersenyum mendengar jawabannya. Sebagai sahabat, aku sudah menjabarkan segala contoh dan kemungkinan, tinggal teman-teman leader sendiri yang bisa memutuskan, ruang tidur seperti apa yang terbaik bagi relaksasi setelah sibuk seharian mengejar prestasi dan karir dan untuk kehidupan yang lebih baik.

Penulis adalah Dosen Prodi Arsitektur Universitas Budi Luhur, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar