Minggu, 29 Mei 2011

Pengaruh Ruang Kerja Terhadap Kinerja Leader




Putri Suryandari, ST,M.Ars
Dosen Arsitektur Univ. Budi Luhur Jakarta dan
Pengamat Fengshui
E-mail : putri_syd@yahoo.computriraka@yahoo.com
                            
Seorang pemimpin perusahaan besar merasa cemas akan efek kerja berlebihan pada kesehatannya. Ditemukan ternyata kantornya terletak di Timur bangunan sebuah gedung perkantoran dan dia duduk menghadap Timur Laut. Posisi ini membuat dia terlalu aktif, ambisius dan bekerja terlalu keras. Setelah kantornya dipindah ke arah Barat Laut bangunan dan duduknya menghadap Tenggara, dia menjadi lebih cermat mendelegasikan pekerjaan dan lebih santai dalam menjalankan perusahaannya.
Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia tergantung pada alam, serta  memiliki sebab akibat dengan lingkungan tempat tinggalnya atau dengan tempat dia menjalankan aktivitas hidupnya. Cerita tadi merupakan contoh kasus, bahwa energi manusia dipengaruhi tidak saja oleh faktor biologis dan psikis, tetapi juga oleh energi dari alam dan lingkungan terutama lingkungan buatan. Energi yang mempengaruhi manusia ini disebut dengan Elektromagnetik.
            Penataan Posisi ruang dan posisi duduk Anda, bila pengorganisasiannya tidak tepat akan mampu mempengaruhi kinerja Anda. Karena di dalam ruang kerja terdapat Elektromagnetik yang dapat mempengaruhi suasana hati, emosi, energi fisik dan kesehatan. Energi ini dapat saja melawan, menunjang atapun menetralisir kinerja, tergantung dari karater pribadi Anda.
             Energi Eektormagnetik (EE) terletak di 8 penjuru ruangan Anda. EE pada arah Selatan dilambangkan oleh Api, mewakili nafsu, pamor, sosialisasi serta sukses. Bila Anda berkarakter terlalu apatis kurang sosialisasi dan sulit untuk sukses, upayakan untuk berada di posisi duduk dan ruang di Selatan, karena wilayah ini bisa menetralisir dan meningkatkan kinerja. Tetapi bila Anda berkarakter sebaliknya, maka justru akan menghasilkan energi yang negatif. Contoh kecil terjadi pada seorang Kepala Laboratorium di Fakultas Ilmu Komunikasi. Dia mengeluh dengan karakternya yang semakin keras dan kaku, seakan tanpa kompromi terhadap tim maupun atasan. Kepribadian dasar yang dimilikinya adalah keras, disiplin serta sangat terbuka dalam mengemukakan pendapat dan juga aktif. Sehingga perkembangan karakternya saat itu sangat membuatnya merasa tidak nyaman dalam bekerja.  Kemudian setelah bersama-sama kita amati posisi ruangan dan arah dia duduk saat itu, ternyata dia berada pada posisi yang dipengaruhi oleh  EE Selatan yang lebih memupuk nafsu, dan pamor. Posisi yang semakin meningkatkan karakter dia, sehingga menimbulkan efek negatif. Maka akhirnya diputuskan untuk memindahkan posisi ruang dan posisi duduknya, berlawanan dengan posisinya saat itu. Yaitu menjadi di posisi EE Utara yang tenang, religius dan damai. Alhasil saat ini dia sudah lebih menyenangkan dalam tim, lebih sabar serta semakin produktif.
            EE di Utara melambangkan Air, mewakili spiritual, seks, ketenangan dan kedamaian, berlawanan dengan Selatan. Bila anda seorang yang jauh dari keteduhan jiwa, tidak tenang, dan secara spiritual rendah, berada pada posisi ini pada jam terbanyak dalam hidup anda, maka  anda akan terasa lebih stabil dan religius. Tetapi bila anda memiliki gairah seksual tinggi, sebaiknya tidak terlalu lama bekerja pada posisi ini.
            EE di Timur melambangkan Kayu, mewakili ambisi, dapet menggapai cita-cita dan aktifitas yang tinggi. Duduk di Timur dan menghadap ke Timur sangat baik untuk anda yang baru memulai karier maupun bisnis. Menunjuang awal karier dengan cepat dan pertumbuhan karier yang pesat. Namun kurang baik untuk yang sudah berada di posisi kerja yang aktif, karena akan memiliki efek kerja yang berlebihan.
            EE di Barat melambangkan Logam, mewakili kebahagian, kesenangan, kepuasaan penghasilan. Duduk di Barat sangat baik untuk anda yang merasa selalu kekurangan dan tidak puas dengan penghasilan saat ini. Duduk di Barat menghadap ke Timur akan membantu Anda menjadi lebih ambisius, aktif dan lebih bisa mewujudkan ide ke dalam kenyataan.
            Warna pada ruangan juga memiliki pengaruh yang sangat kuat pada aktifitas kerja. Produktifitas yang tinggi ataupun rendah memiliki penanganan yang berbeda dalam pemilihan warna. Untuk aktifitas kerja tinggi upayakan menggunakan warna-warna pastel dan corak yang lebih halus untuk mengurangi stress. Kalau energi dari warna2 pastel terlalu tenang, kurang menggairahkan untuk kerja produktif, gunakan warna2 yang lebih cerah dan menantang.
            EE Timur bersifat sibuk dan aktif,  bila anda menggunakan warna hijau gelap ataupun terang dengan garis vertikal di derah ini, akan sangat membantu mempertahankan suasana ini. Padukan warna biru dan atau hijau dengan cream dan warna off-white pada dinding polos ini, bila ingin membuat ruang ini lebih tenang.
            EE Tenggara bersifat halus dan lembut, warna-warna dasar dapat lebih memberi semangat pada ruang tersebut.
            EE Selatan memiliki sifat yang bersemangat tinggi dapat dipertahankan dengan ungu dalam nada sedang. Sentuhan hitam atau putih dapat memperhalus sedikit ruangan ini.
            Untuk atmosfer kerja yang lebih formal, wilayah Barat laut merupakan lingkungan yang lebih serius. Warna-warna seperti abu-abu, putih, dan marun  dengan sentuhan kuning, sert corak kotak-kotak juga cocok sangat disini.
            Atmosfer ideal untuk kantor adalah sibuk dan bersemangat, tetapi tidak menimbul kan stress. Ruang itu juga harus membantu anda gembira saat bekerja selama berjam-jam. Posisi yang ideal adalah duduk di lokasi yang paling strategis dan menyenangkan, dimana anda dapat melihat seluruh isi, ruangan, pintu maupun jendela.  Namun hindari duduk membelakangi pintu dan duduk tepat di samping pintu masuk. Karena energi elektromagnetik yang berasal dari luar ruangan, tanpa disadari akan terus menghujam, serta memotong energi elektromagnetik yang terdapat di dalam diri anda. Akibatnya secara psikologis maupun fisik anda akan terganggu.
            Barang – barang elektronik juga tanpa disadari bisa menurunkan  konsentrasi dan kelelahan. Karena barang elektronik selalu memancarkan gelombang energi yang dapat secara terus menerus mengaktifkan selalu saraf kerja anda. Maka hindari duduk berdekatan dengan barang elektronik dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang lama.
            Teman leader, bila anda memiliki permasalahan terhadap kinerja anda, dapat coba direnungkan, apakah tata ruang  telah sesuai dengan karakter anda.


             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar